Cara Ternak Burung Lovebird Bagi Pemula Dengan Hasil Yang Sempurna

Cara Ternak Burung Lovebird Bagi Pemula Dengan Hasil Yang Sempurna

Cara Ternak Burung Lovebird Bagi Pemula Dengan Hasil Yang Sempurna - Hai kawan kali ini Admin kami akan membagikan sebuah penjelasan tentang Cara Ternak Burung Lovebird Bagi Pemula Dengan Hasil Yang Sempurna dan kebetulan saya sendiri yang akan menjelaskan tentang apa yang akan di bagikan oleh Admin kami ini, okok sebelumnya bagi anda semua yang masih pemula dalam memelihara Burung Lovebird ini bahkan ingin berternak juga, anda harus juga mengetahui 6 Dasar Langkah Berternak Burung Lovebird, apa saja? yaitu akan saya jelaskan berikut ini dengan lengkap.

1. Indukan Burung Lovebird Harus Berkualitas dan Sehat

Sebaiknya anda memilih indukan burung lovebird dari keturunan yang berkualitas dan biasanya, kalau indukan yang berasal dari keturunan yang berkualitas dan sehat, maka otomatis anaknya nanti juga akan berkualitas. Lalu anda dapat memilih indukan lovebird dari sisi warna maupun dari sisi suaranya, tergantung dari anda sendiri yang mau ternak Lovebird konter suara atau Kontes Lovebird kencantikan warna Lovebird.

2. Ketehuilah Jenis Kelamin Burung Lovebird

Awal mula anda harus mengetahui jenis kelamin burung lovebird dan haruslah anda memastikan bahwa burung lovebird yang akan anda kawinkan ini mempunyai jenis kelamin yang berbeda, karena tidak jarang sekali pejantan berpasangan dengan pejantan lainnya, begitu juga sebaliknya.

3. Tunggu Usia Burung Lovebird Sampai Siap Kawin

Biasanya Burung Lovebird yang sudah siap kawin, biasanya minimal berusia 1 tahun. Dan jangan lupa, anda juga harus memilih indukan lovebird yang jantan berusia lebih tua dari yang betina. Karena hal ini di tujukan agar indukan jantan bisa lebih mendominasi pada saat melakukan proses kawin.

4. Pembuatan Kandang Ternak Burung Lovebird

Sangkar atau kandang yang di fungsikan khusus untuk ternak burung lovebird menyesuaikan jumlah burung lovebird yang akan anda kawinkan, jika jumlah burung lovebirdnya sedikit atau hanya sepasang indukan burung lovebird saja maka sebaiknya buatlah kandang atau sangkar dengan ukuran 50x100x50cm ini adalah ukuran yang standat atau ukuran yang sering digunakan untuk perkawinan satu jodo (pasang indukan). Dan kalau jumlah indukan lovebirdnya banyak maka sebaiknya anda buatlah kandang atau sangkar yang lebih besar dengan beri pembatas atau bersekat-sekat.

Cara Ternak Burung Lovebird Bagi Pemula Dengan Hasil Yang Sempurna

5. Tempat Burung Lovebird Bertelur

Burung Lovebird sudah pasti membutuhkan tempat untuk bertelur dan mengerami telurnya, dan nama tempatnya adalah glodok. Glodok sendiri terbuat dari kayu yang keras berukuran 20x20x25cm dan biasanya glodok ini berbntuk kotak persegi, agar lovebird nyaman di sekitar glodok tersebut, sediakan juga serutan kayu, ranting-ranting kecil, dan dedaunan. Ini berguna untuk burung lovebird membuat sarangnya dan biarkan mereka membuat sarangnya sendiri.

6. Makan-makanan Burung Lovebird agar Lovebird cepat Bertelur

Salah satu cara agar burung lovebird cepat bertelur adalah, tingkatkan lah gizi pada makanan sehari-hari pada lovebird, seperti biji sawi, milet, jewawut, kenari seed, kangkung, jagung muda, kwaci, tauge, tulang sotong, dll.

Cara Mengawinkan Burung Lovebird Jantan dan Betina

Kalau anda sudah mengetahui semua dasar-dasarnya berternak burung lovebird, kini adalah saatnya untuk anda mengawinkan lovebird. Caranya sukup mudah yaitu, Anda cukup memasukkan burung lovebird yang sudah pasti jantan dan betina kedalam satu kandang atau sangkar ternak, lalu tunggu beberapa har, sekitar 4 sampai 10 hari untuk melihat apakah burung lovebird anda telah bertelur atau belum.

Lovebird Bertelur

Jika memang lovebird anda berjodoh, biasanya si betina langsung bertelur sekitar 3 butir. Akan tetapi tidak semua indukan mau mengerami telurnya, ini yang menyebabkan telur atau keturunan lovebird tidak jadi (tidak menetas). Untuk mengantisipasi hal tersebut sabiknya anda mendekatkan pasangan lovebird lain yang mau mengerami telur.

Tentunya cara ini efektif ya, dan lovebird yang sudah mengerami telur biasanya akan memerlukan hingga 18-23 hari. Untuk masa pengeraman sebaiknya indukan pejantan di pisahkan dulu, tujuannya agar pejantan tidak mengganggu betina yang sedang pengeraman. Dengan pemisahan ini sebaiknya pejantan langsung di jodohkan dengan betina yang lain.

Di masa pengeraman, jangan lupa tetap memberikan makanan yang bergizi pada lovebird seperti pada umumnya yaitu pelet ayam yang di campur dengan bubur bayi, anda juga harus memastikan bahwa indukan betina dalam kondisi sehat dan jangan sering-sering di lihat karena mitosnya nantinya telurnya tidak akan menetas.

Perlu anda ketahui bahwa sanya lovebired yang baru pertama kali bertelur, kebanyakan dan sebagian beser telurnya tidak akan menetas, hal ini wajar karena lovbird ini mungkin masik belum siap kawin dan mungkin juga ada faktor-faktor lain seperti, usia belum mapan, lingkungan, dan mungkin juga soal pakan. Tetapi anda tidak perlu kawatir karena biasanya di produksi yang ke dua kebanyakan telur menetas sempurna, dengan tragedi telur yang pertama tadi itu di manakan telur dara.

Telur Lovebird Menetas

Indukan betina biasanya memberikan penanganan pertama saat telur itu menetas, anda tinggal tunggu saja sampai anakan lovbird itu keluar dari sarangnya. Kemudia, anda dapat melolohkan makanan ke lovebird. Lalu waktu yang pas ini kapan untuk melolohkan lovebird atau memisahkan anakan lovebird dengan indukannya?

Untuk memisahkan anakan lovebird anda hanya menunggu hingga 10 atau 2 minggu, dan jika tidak mau di pisahkan maka anda harus memberikan perhatian ekstra ke anakan lovebird, yaitu paling tidak dengan memberikan lampu 5 watt untuk penghangat si bayi lovebird.

Cara Ternak Burung Lovebird Bagi Pemula Dengan Hasil Yang Sempurna

Melolohkan Anakan Lovebird

Cara untuk melolohkan anakan lovebird adalah dengan menggunakan suntikan yang besar agar lovebird tidak tersedak, kalok bisa suntikannya itu khusus untuk melolohkan bayi lovebird dan jarum suntiknya pun harus di lepas dulu dan diganti dengan selang yang bertekstur elastis seperti karet pentil.

Lalu apa saja makananya? Makanannya adalah bisa menggunakan makanan bayi seperti bubur sum yang sudah di seduh dengan air hangat dan makanan yang bergizi lainnya, yang penting lembut seperti bubur.

Dengan cara begitu dan berdurasi 4 jam sekali setiap hari sampai anakan lovebird bisa makan sendiri atau sudah besar, dan jika anda ingin anakan lovebird ini bisa di ajak bermain maka berikanlah perhatian ekstra dan panggil namanya serta ajaklah bermain di luar sangkar sambil belajar terbang.

Demikianlah Cara Ternak Burung Lovebird Bagi Pemula Dengan Hasil Yang Sempurna dan biasanya bagi pemula cara dasar ini sangat laah repot tapi lama kelamaan dengan berjalannya waktu cara ini adalah yang termudah bagi kalian semua dan bahkan berternak lovebird ini bisa-bisa menjadi hobi kalian, itu saja yang saya jelaskan di pertemuan kali ini semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Terima kasih telah menyimak artikel kami, semoga apa saja yang saya jelaskan mudah di mengerti dan anda pahami, semoga bermanfaat dan semoga sukses serta selamat untuk mencobanya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Ternak Burung Lovebird Bagi Pemula Dengan Hasil Yang Sempurna"

Posting Komentar

Jika anda ingin bertanya tentang Artikel ini selahkan anda meluangkan waktu untuk berkomentar di kolom komentar berikut