Ikan Hias Jenis Ikan Cupang Yang Memanjakan Mata

Salam sapa buat anda semua, di artikel saya kali ini akan memjelaskan dan membahas tentang Ikan Cupang Hias yang dimana ikan ini sangat di senangi mulai dari anak-anak sampai orang dewasa, Biasanya ikan ini untuk hiasan Ruang Tamu, Ruang Keluarga, dan pembudidayaan tapi ada juga yang menggunakan ikan ini sebagai aduan, ada pula yang hanya sekedar mengoleksinya kerena Hobi.

Ikan Hias Jenis Ikan Cupang Yang Memanjakan Mata

Baiklah mari kita telusuri apasaja Jenis-jenis Ikan Cupang di bawah ini, akan saya jelaskan secara mendetail tentang Ikan Cupang yang sangat Populer di kalangan masyarakat ini.

Jenis-jenis Ikan Cupang Hias Yang Sering Di cari Orang Sekaligus Memanjakan Mata Bagi Yang Melihat - Ikan ini adalah termasuk ikan Hias yang biasanya di tempatkan pada aquarium tanggung atau yang tidak terlalu besar dan ikan ini tidak dapat di kumpulkan dengan ikan lain, jangankan ikan jenis lain sama-sama jenis ikan cupang saja ikan ini akan berantem atau menggigit satu sama lain sampai salah satunya ada yang mati atau luka-luka dan melarikan diri. Selain itu ikan ini juga mempunyai nama latin yaitu yang bernama (BETTA sp) ikan ini juga terdapat julukan yang tersendiri pastinya di setiap daerah contohnya saja di daerah Semarang, Jawa Tengah INDONESIA ikan ini punya julukan yaitu ikan Siem atau Siyem, ini adalah salah satu julukan ikan cupang di suatu daerah dan ikan ini tergolong atau termasuk ikan yang merakyat kenapa? karena ikan ini berhabitat asli di Asia Tenggara seperti di Indonesia, Thailand, Vietnam, dan Malaysia. Ikan ini mempunyai corak warna yang sangat indah serta anggun, ikan cupang ini juga mempunyai beberapa jenis dan semuanya Bagus-bagus, Indah-indah, Serta Anggun-anggun ikan cupang ini mempunyai corak warna yang berbeda-beda ukuran badanya pun juga berbeda antara ikan cupang aduan, ikan cupang liar dan ikan cupang hias.

Ikan Cupang ini bisa dibilang sebagai ikan yang Agresif dalam mempertahankan wilayahnya, karena setiap bertemu ikan lain maka ikan cupang ini akan mengeluarkan seperti selaput di dekat atau di sela-sela insangnya, maka dari itu ikan cupang ini bisa juga tergolong ikan monoton yaitu ikan yang hanya menguasai satu wilayah dengan satu ikan cupang saja dan inilah salah satu ciri khas ikan cupang yang menjadi daya tarik tersendiri bagi si Ikan Cupang dan Si Pecinta Ikan Cupang ini, tapi daya tairk ikan cupang ini bukan hanya di situ saja tetapi terdapat pula di setiap corak warna ikan cupang ada juga pecinta ikan cupang ini yang melihat dari sisi bentuk ekornya bahkan terkadang ada juga yang melihat dari sisi pustur bentuk badannya, dalam arti badannya berukuran besar (Giant) atau berukuran kecil (Normal).

Sudah banyak sekali jenis ikan cupang ini, bahkan di prediksikan mencapai 73 Spesies yang sudah tersebar dimana-mana, tapi orang-orang menggolongkan kedalam 3 jenis saja, seperti penerangan yang di atas yaitu Ikan Cupang Aduan, Ikan Cupang Liar, dan Ikan Cupang Hias.

Ikan Hias Jenis Ikan Cupang Yang Memanjakan Mata

Ikan Cupang Aduan
Saya rasa anda semua sudah tau tentang ikan cupang yang satu ini ketika mendengar kata aduan, iya benar sekali ikan ini di adu satu sama lain hingga terdapat satu pemenang dari hasil aduan tersebut. Di Asia Tenggara di negara-negaranya  banyak sudah yang mengadakan kompetisi adu ikan cupang ini. hanya saja di Negara Amerika, Beradu ikan cupang ini di golongkan sebagai tindak kejahatan yang dapat di jatuhi sanksi pidana bagi si pelaku yang melanggarnya.

Badan yang besar dan berotot mulai dari ujung ekor sampai ke leher dan kepala, membikin ikan cupang aduan ini semakin menakutkan dan ikan ini lebih Agresif di banding dengan ikan-ikan cupang lainnya sehingga ikan ini mampu bergerak begitu cepat saat melihat musuh, dengan secara otomatis selaput yang berada di sela-sela insangnya pun mengembang dan seakan-akan siap bertempur.

Ikan Cupang jenis ini yaitu ikan cupang aduan sudah hal biasa jika salah satu dari mereka mati karena ini adalah salah satu resiko dan ini adalah hal yang sudah biasa, karena ikan ini akan menyerang musuhnya secara full tenaga dan membabibuta musuh atau lawannya.

Berikut adalah ciri-ciri Ikan Cupang Aduan
Badan yang besar,juga tinggi dan lebar mulai dari leher sampai ke ekor.
Bentuk bibir yang lebar,dan seakan-akan siap mengigit musuhnya
Jari-jari sirip ekor yang halus dan rapat.
Gerakannya begitu sangat Agresif
Mempunyai ekor yang pendek serta corak warnanya tidak terlalu cerah atau menonjol

itulah ciri-ciri ikan cupang aduan dan teknik untuk ikan cupang aduan sendiri adalah jangan terlalu sering beri makan saat ingin di adu malah ada yang lebih ekstirm yaitu ikan cupang ini tidak di beri makan satu hari saat sebelum menjelang dimana hari ikan cupang ini di adu itulah tips ikan cupang aduan.

Ikan Hias Jenis Ikan Cupang Yang Memanjakan Mata

Ikan Cupang Hias
Ikan Cupang Hias sendiri, kini mempunyai pecinta ikan ini yang sangat banyak karena ikan cupang yang satu ini memiliki kecantikan warnanya khususnya pada sirip dan ekor, sementara kecantikan yang seperti ini tidak ada pada ikan cupang jenis lainnya seperti ikan cupang liar maupun ikan cupang aduan. Untuk warnanya sendiri ikan ini sangantlah banyak ada yang hanya satu warna saja ada yang dua warna, bahkan ada yang abstrak warna tubuh serta ekornya, sedangkan untuk pergerakannya sendiri ikan ini seperti memperlihatkan keindahan, kecantikan, dan keanggunan bentuk dari ikan cupang hias ini mulai dari ujung kepala sampai ujung ekornya.

Inilah salah satu yang membikin ikan cupang hias ini peminatnya menjadi sangat banyak, maka dari itu para pecinta dan para peminat yang senang dengan ikan cupang hias ini mulai membudidayakannya sendiri bahkan sering kali ada yang membudidayakanya dengan mengunakan kawin silang yang bertujuan untuk mendapatkan keturunan yang baru dan kecantikan serta keanggunannya bertambah. jangan salah ikan ini juga bisa diadu dengan jenis ikan cupang yang lain, tetapi resikonya sangatlah besar karena jika ikan jenis ini di adu maka kecantikan dan keanggunannya akan berkurang bahkan hilang soalnya nanti jika diadu ekornya pasti akan rontok dan bentuknya tidak akan bagus lagi. Maka dari itu pecinta ikan cupang hias ini biasanya hanya untuk menikmati kecantikan serta keanggunan yang di miliki oleh ikan cupang ini dan ada juga yang membudidayakan ikan ini jadi tidak hanya menikmati kecantikan atau keanggunanya saja.

Ikan Hias Jenis Ikan Cupang Yang Memanjakan Mata

Ciri Khas Ikan Cupang Hias yaitu
Ekornya yang panjang, serta bentuk sirip dan ekor yang bermacam-macam.
Badan atau bodynya, yang mempunyai warna cerah itu dengan berbagai macam variasi warna ditambah lagi ekor dan sirip yang cantik dengan bentuk-bentuk sesuai jenis ekor dan siripnya yang menambah keindahan pada ikan cupang hias ini.
Kita dapat Melihat Ekor dan siripnya berkembang sempurna disaat ikan cupang hias ini melihat musuh atau saat bertemu dengan lawan jenisnya, maka ikan ini akan mengembangkan ekor dan siripnya dengan keadaan sempurna, menjadi terlihat jelas bentuk dari jenis ekor dan sirip ikan cupang hias ini serta manambah kecantik, dan keanggunan, juga memanjakan mata saat malihatnya.

Ikan Cupang Liar
Ikan jenis ini hidupnya berada di alam liar maka dari itu ikan jenis ini bisa juga disebut Ikan Alam, memang asal mula semua ikan cupang ini berasal dari alam liar lalu para pecinta ikan cupang ini berhasilmembudidayakannya, dan di budidayakanlah oleh pecinta ikan cupang ini dan muncullah jenis dan spesies baru karena hasil budidaya persilangan.

Sedangkan untuk sekarang biasanya Ikan Cupang ini dapat di temukan di rawa, sawah-sawah tertentu, dan selokan di pesisir pantai, peminat ikan ini biasanya suka dari keasliannya karena belum di silangkan atau hasil silangan dengan jenis ikan cupang yang lain, maka dari itu ikan ini masih memiliki corak warna yang masih sangat alami bentuknya pun juga masih alami sekali.

Ikan Hias Jenis Ikan Cupang Yang Memanjakan Mata

Itu yang bisa sampaikan dan itu semua adalah jenis-jenis ikan cupang hias, Bagaimana menurut anda semua apakan anda tertarik untuk memelihara Ikan Cupang ini?

Semoga ada maanfaatnya seletah anda semua membaca Artikel ini dan jika anda sudah yakin untuk merawat ikan cupang ini jangan lupa rawatlah dengan baik agar ikan cupang anda sehat apalagi ikan cupang aduan.

Terima Kasih atas waktu luang yang telah anda berikan untuk membaca artikel saya ini dan semoga artikel tentang Ikan Cupang Hias ini sangat bermaanfaat untuk anda semua.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ikan Hias Jenis Ikan Cupang Yang Memanjakan Mata "

Posting Komentar

Jika anda ingin bertanya tentang Artikel ini selahkan anda meluangkan waktu untuk berkomentar di kolom komentar berikut