Cara Perawatan Ikan Cupang Hias Halfmoon

Cara Perawatan Ikan Cupang Hias Halfmoon

Hai jumpa lagi dangan saya di Blog kesayangan yang dimana disini membagikan sebuah informasi seputar tentang ikan hias khususnya ikan cupang dan disini admin kami akan membagikan sebuah informasi yaitu Cara Perawatan Ikan Cupang Hias Halfmoon yang dimana ikan cupang jenis ini sangatlah cantik dan menarik untuk di pelihara dan di budidayakan karena ikan cupang jenis banyak yang menyenangi mulai dari anak-anak sampai orang dewasa, mereka suka memelihara ikan ini karena tidak lain dari ekor dan siripnya yang panjang dan indah itu apa lagi saat ikan cupang jenis halfmoon ini mengembang sempurna menjadi tambah sempurna dari setiap kibasan ekornya biasanya ikan ini akan mengembang sempurna saat ada musuh yang mengancam keberadaannya atau bisa juga saat terdapat ikan betina yang berada di dekatnya.

Biasanya yang menjadi Ikan Cupang Hias ini adalah berjenis kelamin JANTAN karena jenis kelamin jantan inilah yang mempunyai pose tubuh yang cantik dan menawan, sedangkan yang betina hanya mempunyai tampilan pose yang biasa-biasa saja jadi seperti kurang menarik. Maka dari itu yang bisa di pelihara dan di buat kontes adalah ikan cupang yang berjenis kelamin jantan sedangkan untuk ikan cupang yang berjenis kelamin betina biasanya ini hanya untuk di buat pembudidayaan tetapi ikan cupang indukkan betina ini sangatlah mempengaruhi keturunan oleh karena itu biasanya para pembudidaya ikan cupang ini sangatlah teliti dalam memilih ikan cupang indukan betina  dari segi jenis badan, ekor, dan warna, karena ikan cupang betina ini hanya untuk pembudidayaan saja dari situ ikan cupang betina ini jarang di jual atau jarang di jumpai di pasar ikan hias.

Baiklah berikut akan saya jelaskan tentang Cara Perawatan Ikan Cupang Hias Halfmoon yang di bagikan oleh admin kami, jika artikel ini penting bagi anda semua maka luangkanlah waktu anda sebentar untuk membaca dan mencermati apa yang akan saya sampaikan berikut ini.

Cara Perawatan Ikan Cupang Hias Halfmoon

Cara Perawatan Ikan Cupang Hias Halfmoon - sebelum itu saya akan menerangkan dan menjelaskan tetang ikan cupang hias halfmoon ini, ikan cupang jenis halfmoon ini adalah hasil dari kawin silang dan si pembudidayanya yang bernama BREEDER di Amerika Serikat lebih tepatnya di Peter Gottner sekitar pada tahun 80-an. Ikan Cupang Hias Halfmoon ini memmiliki ciri ekor yang membentuk setengah lingkaran dan seperti menyambung dari sirip atas, ekor, sampai sirip bawah.

Para pecinta atau penghoby Ikan Cupang Hias Halfmoon ini tidak hanya melihat dari segi ekor dan siripnya saja tetapi mereka juga melihat dari segi warna, badan, dan segi kesehatan si ikan cupang tersebut, apalagi jika ikan cupang tersebut bergerak dengan anggun semakin menambah pesona daya tarik ke semua pecinta dan penghoby ikan cupang hias halfmoon ini. Selalin itu terdapat keindahan lain dari ikan cupang halfmoon ini yaitu adalah varian plakat, maksudnya ialah ikan cupang plakat halfmoon ini sedikit berbeda dari ikan cupang halfmoon yang membedakannya adalah terdapat pada ekornya, ikan cupang plakat halfmoon ekornya lebih pendek di banding dengan ekor ikan cupang halfmoon.

Setelah di budidayakan di Amerika Serikat, lalu ikan cupang halfmoon ini di budidayakan di Perancis dan lambat laun seiring waktu berjalan ikan ini semakin di kenal dan di sukai oleh banyak orang lalu terciptalah sebuah kontes cupang internasional yang bernama IBC, itulah asal mula ikan cupang ini di budidayakan dan sekarang ikan cupang ini telah menyebar di seluruh Dunia termasuk Indonesia yang mempunyai ikan cupang asli yaitu salah satunya adalah ikan cupang aduan medan dan ada yang masih liar(alam) yaitu di daerah kalimantan terdapat ikan cupang asli masih alami dan liar. Lalu ikan cupang ini telah menyebar di kawasan benua Eropa secara merata hinga masuk di benua Asia Tenggara dan benua-benua liannya. Selain IBC ada juga kontes lainnya yaitu International Betta Splendens Club ini adalah bisa dakatakan sebagai organisasi yang mengijinkan atau menampung ikan cupang hias halfmoon ini, karena di IBC masik belum bisa menampung ikan cupang yang mempunyai berjuta keindahan ini  yaitu ikan cupang hias halfmoon.

Cara Perawatan Ikan Cupang Hias Halfmoon

Cara Merawat Ikan Cupang Hias Halfmoon

Anda ingin memelihara ikan cupang hias halfmoon ini? maka siapkanlah waktu istirahat anda sebentar untuk merawat ikan cupang anda karena ikan, merawat ikan cupang ini gampang-gampang susah kenapa bisa di bilang gampang-gampang susah karena ikan cupang hias halfmoon ini gampang terkena kuman atau jamur khususnya pada bagian ekor dan siripnya, maka dari itu anda harus pintar-pintar merawat dan teliti dalam memelihara ikan cupang hias halfmoon ini dan akan saya beri tau obat alaminya agar ikan cupang anda tidak terkena kuman.

  • Aquarium Ikan Cupang Hias Halfmoon

Biasanya Ikan Cupang ini di tempatkan pada wadah kecil dan di pisah secara satu ekor untuk satu tempat atau wadah, kareana ikan ini tidak bisa di campur dengan ikan cupang maupun ikan jenis lain, karena ikan cupang ini adalah ikan yang agresif jadi sering bertarung satu sama lain. Tetepi kalok boleh saya sarankan lebih baik anda memelihara ikan cupang hias halfmoon ini di tempatkan pada sebuah aqurium yang agak lebar karena ikan ini memiliki ekor dan sirip yang panjang, ini bertujuan agar ikan cupang hias halfmoon ini bisa berenang sesuka hatinya dengan leluasa. biasanya aquarium yang di pakai ukurannya adalah 15x15x20 cm, tapi untuk orang-orang yang pecinta atau penghobi ikan cupang ini biasanya mereka menggunakan aquarium ukuran 30x15x20 cm mereka melakukan ini gunanya untuk menyenangkan ika cupang tersebut dengan cara menempatkan pada aquarium yang agak besar.

  • Air Aquarium Ikan Cupang Hias Halfmoon

Aquarium akan di isi ari PDAM yang telah di endapkan dalam waktu semalam, air sumur juga bisa untuk di gunakan tapi dengan satu sarat yaitu air sumur ini sebaiknya di endapkan lebih lama ini sama-sama berguna untuk menetralkan kandungan airnya dan mendapatkan air yang segar dalam artian berisi banayk oksigen.

  • Obat Ikan Cupang Hias Halfmoon

Seperti yang telah saya katakan sebelumnya "akan saya beri tau obat alaminya agar ikan cupang anda tidak terkena kuman", disini saya akan melanjutkan dan memberi informasinya kepada anda semua. Agar ikan cupang hias halfmoon anda cantik, bagus dan terhindar dari kuman maka anda perlu memberi sebuah obat cair yaitu adalah garam ikan dengan takaran sedikit dan ditambah dengan methyline blue, perbandingannya adalah satu tetes methyline blue untuk 6 liter air. Ada juga obat yang alami dan gratis yaitu dengan memakai daun ketapang yang sudah kering ini adalah salah satu cara untuk membuat ikan cupang hias halfmoon anda lebih sehat dan bagus.

  • Makanan Ikan Cupang Hias Halfmoon

Ikan Cupang Jenis ini mempunyai pola makan yang sedikit berbeda mulai dari jenis makannya, takaran, serta jatah makan dalam sehari. Jenis makanannya ialah kutu air, cuk, cacing darah, dan lain-lain, untuk pemberian makan pada ikan cupang ini haruslah di kombinasikan oleh makanan yang lain. Takaran untuk makanan ikan cupang ini adalah secukupnya karena jika terlalu banyak maka akan mengotori aquarium dan membuat air menjadi kotor. sedangkan untuk jatah makannannya dalam sehari adalah 2x sehari dan ini terserah anda mau pagi sama sore atau siang sama malam, tapi kalok booleh saya sarankan lebih baiknya pada waktu pagi sama sore.

  • Kebersihan Aquarium Ikan Cupang Hias Halfmoon

Untuk menjaga kebersihan aquarium dan menjaga air tetap bersih ini adalah salah satu cara untuk membuat ikan cupang hias halfmoon anda sehat dan terhindar dari penyakit atau kuman, maka dari itu anda harus rutin mengganti air dan membersihkan aquarium secara teratur yaitu 2 hari sekali tetapi air ini hanya di ganti setangahnya saja sedangkan untuk mengganti keseluruhan airnya gantilah pada sudah mendapatkan satu atau dua minggu dari hari pertama anda yang mengganti air dengan keseluruhan, jika ini di lakukan dengan benar ikan cupang hias anda pasti akan sehat dan terhindar dari penyakit.

Itulah artikel yang saya sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat dan selamat mencobanya maaf jika terdapat kosa kata yang kurang berkenang untuk anda sekian dan Terima Kasih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Perawatan Ikan Cupang Hias Halfmoon"

Posting Komentar

Jika anda ingin bertanya tentang Artikel ini selahkan anda meluangkan waktu untuk berkomentar di kolom komentar berikut